Kediri

Kediri adalah kota tempat ayah saya bekerja skarang. Ketika libur semester kemarin, saya berkunjung ke kota itu bersama ibu saya.   Sedikit sejarah tentang kota kediri: Kota Kediri adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Kediri dengan luas wilayah 63,40 Km2 terbelah sungai Brantas yang membujur dari Selatan ke Utara sepanjang 7 Km.Kediri identik dengan kota rokok kretek. Di kota inilah, pabrik rokok kretek PT Gudang garam berdiri dan berkembang pesat.

ketika di sana saya menghabiskan waktu dengan berwisata kuliner.  sambil mencari makanan khas daerah sana, saya berkeliling melewati pinggir sungai brantas di malam hari, menurut saya kota tersebut begitu indah dan sejuk. Di sana terdapat satu jalan yang sangat ramai seperti Jl malioboro di yogyakarta, yaitu bernama Jl Doho. Di jalan tersebut banyak sekali yang menjual pakaian dan makanan, salah satunya adalah penjual pecel dan sambal tumpang (yang berbahan dasar tempe).

Di kediri sangat terkenal dengan kota tahu karena itu makanan kota kediri. Di sana banyak terdapat toko toko yang menjual tahu namanya tahu takwa, tahu tersebut ukuranya besar lho !. oya, tahu itu bisa kita jadikan oleh oleh dari kediri, di samping tahu ada juga getuk pisang,soto kediri, dan krupuk tahu.

by : azizah

Tinggalkan komentar